Suka Duka Menjalani Hidup Kuliah Sambil Kerja

Banyak temen2 gw yang bertanya “Lo kagak capek man habis pulang kerja terus kuliah ?” atau “enak kaga sih kuliah sambil kerja ?”, seperti itulah teman gw klo nanya. Disini gw bakalan sharing tentang bagaimana rasanya menjalani hidup seperti itu berdasarkan apa yang gw alami.

Sekarang gw mahasiswa jurusan Manajemen Informatika semester 3 di STMIK Bani Saleh, Bekasi. Ngontrak di daerah tambun dan terakhir kerja di kawasan EJIP, cikarang selatan. Gw berasal dari Majalengka dan ke Bekasi  tahun 2012 pas lulus dari sekolah SMA.

Okeh langsung simak saja Suka Duka Menjalani Hidup Kuliah Sambil Kerja.

1. Mengatur Waktu dan Keuangan

Awalnya sih memang susah untuk mengatur waktu antara kerja,kuliah, dan istirahat, klo gw rumuskan sih kira-kira seperti ini :

kerja + kuliah + istirahat = tidak ada main

kerja + kuliah + main = tidak istirahat

Tapi seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa bagaimana cara kita mengatur waktu. gw ingat kata temen gw di PT yang dulu “masa iya sampe tua kita jadi operator terus, pegang mesin sampe bongok” kan ngeri Hha.

Terus masalah keuangan gampang kaya kredit motor aja. Makanya gw beli motor bekas, yah lumayanlah buat bisa berangkat ke tempat kerja dan pabrik.

2. Nambah Teman

Secara otomatis temen lo bakal nambah, nah enaknya pas habis kontrak kerja kita bisa tanya kepada teman kita yang ngambil kelas karyawan juga di kampus tentang-apa ada lowongan atau enggak-kerjaannya. Dan juga bisa lihat orang yang cakep-cakep yang secara tidak langsung bakal menambah semangat kita hahahaha.

[BONUS] :3

3. Mempunyai Peluang Karir Yang Lebih

Tentu saja semakin tinggi sekolahnya, semakin tinggi pula peluang karirnya 🙂

4. Keren

Lo bakalan terlihat keren, kenapa? Lo bakalan terlihat seperti orang yang sangat sibuk, seperti para anggota DPR(meski sibuk ngurusin yg lain Hha).

5. Gak Bisa Sering Pulang Kampung

Meskipun libur panjang habis UAS, gak bisa langsung pulang kampung kan harus kerja di pabrik atau sebaliknya. Klo kangen emak atau bapak di kampung, ya lewat telepon dulu.

6. Dilema

Terkadang suka dilema juga, contohnya klo di pabrik bos nyuruh lembur. Klo lo nolak lembur, ntar lo gak bakalan disuruh lembur lagi otomatis gak ada uang jajan. Klo lo ngambil lembur otomatis lu gak kuliah. Klo ngambil lembur terus kuliah juga, lo gak bakal tidur.

7. Telat

Kadang klo masuk kelas atau ngimpulin tugas suka telat. Tapi tenang disini dosennya pengertian, meski ada beberapa yang gak pengertian hiks hiks.

Begitulah kira-kira apa yang gw alami, mohon maaf bila ada salah-salah kata. Bagi kalian yang punya wordpress kalian bisa tulis wordpress kalian di komen ntar gw follow atau follow punya gw ntar gw follow balik. chers*

Iklan
Suka Duka Menjalani Hidup Kuliah Sambil Kerja

2 pemikiran pada “Suka Duka Menjalani Hidup Kuliah Sambil Kerja

  1. zayn berkata:

    bang bagi tips nya, gue juga lagi sementara kerja nih, cuman agak ragu2 bang mau kuliah, takut ga bisa atur waktu,
    bagus nya kelas malam atau sabtu minggu bang?

    Suka

    1. tergantung pekerjaan anda gan. Dulu pas gw pertama kerja di pabrik (jadi operator) liburnya cuman hari minggu dan sabtu masuk setengah hari. Jadi otomatis gw ngambil kelas karyawan yang kelas pagi (loh?) iya di pabrik kan ada 3 shift jadi kuliahnya ngikutin shift, singkat kata bisa masuk pagi atau malam tergantung shiftnya. Jadi saya sarankan klo agan kerja di pabrik mending ngambil yg kelas malam. Jujur saja pas awal2 emang susah ngatur waktu terutama bila disuruh lembur, otomatis kuliah jadi bolos.

      Tapi bila agan punya waktu libur sabtu dan minggu gw saranin buat ngambil kelas yang sabtu minggu. Biarpun kesannya gak ada liburan tapi kan bisa ketemu ama temen2 kampus agan, apalagi klo di kampusnya ada temen cewek yang bening Hhaha

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s